You are here

Bahaya

Pengobatan dengan Obat Palsu Sangat Berbahaya

Apa yang kami temukan dalam obat palsu sejauh ini:

  1. Tinta printer biru
  2. Amfetamin, juga dikenal sebagai "speed"
  3. Metronidazol, antibiotik yang kuat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, diare atau muntah
  4. Terlalu banyak bahan aktif (atau tidak cukup), yang dapat membahayakan Anda
  5. Zat pengikat, seperti semen, yang mencegah tablet terurai di sistem pencernaan Anda
  6. Bahan beracun, seperti asam borat, lilin lantai, debu batu bata, dan cat jalanan
  7. Bahan-bahan yang dapat memiliki interaksi berbahaya dengan obat lain yang Anda konsumsi
  8. Obat lain dengan efek samping yang berbahaya

    Ancaman untuk Kesehatan dan Keselamatan Pasien

    Bagi Pfizer, obat palsu merupakan perkara serius terkait dengan kesehatan dan keselamatan pasien, dimana hal ini menjadi masalah utama dan paling penting. Obat palsu menimbulkan ancaman terhadap pasien melihat dari cara dan proses produksi yang mereka lalui, secara tak terdaftar, tidak resmi, tak terinspeksi dan seringkali tidak mementingkan sanitasi. Kami seringkali melihat obat yang diproduksi di laboratorium tempat bersarangnya hewan pengerat dan hama, laba-laba di tembok, cat yang terkelupas dan peralatan yang kotor. Tapi semua kondisi dibalik pembuatan obat palsu ini, menjadikannya sulit dibedakan hanya dengan melihat fisik dari tablet itu sendiri, apakah itu produk asli atau palsu.

    Obat palsu itu sendiri menimbulkan ancaman bagi kesehatan dan keselamatan pasien karena mengandung komposisi yang tidak diregulasi dan mungkin mengandung zat non aktif farmasi (ZAF/API-Active pharmaceutical ingredient) dimana seharusnya bisa memberikan manfaat terapi sesuai dengan yang diresepkan, tetapi ternyata mengandung dosis yang tidak tepat atau zat aktif yang salah, atau bahkan bahan berbahaya seperti logam berat atau pestisida.

    Laboratorium kami telah mengkonfirmasi adanya kandungan pestisida (boric acid), racun tikus, debu, cat jalan raya, cat tingkat komersil, pemoles lantai, tinta printer, plester dan papan tembok. Juga terdapat laporan akan logam berat arsenik dan bahkan anti-beku.

    Bahaya dari obat palsu juga tidak hanya terbatas dari bahan beracun saja, tapi juga kepada bahan yang tidak mengandung zat aktif, zat aktif yang salah atau dosis yang salah dari zat aktif tersebut, sehingga mengurangi manfaat terapi dari obat itu sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

    Tanpa adanya API (zat aktif), semua manfaat terapi dari obat yang diresepkan oleh dokter akan hilang (tidak ada manfaatnya).

    API yang salah, mengandung “speed”, stimulan yang kuat, pada awalnya akan menyebabkan euforia dan energi yang berlebih, tetapi kemudian akan menyebabkan efek kelelahan mendalam serta depresi saat efeknya hilang; menghilangkan semua manfaat terapi dari obat yang diresepkan oleh dokter.

    API yang salah, sebagai contoh metronidazole salah satu antibiotik yang kuat, dapat menyebabkan mual, diare, muntah-muntah, terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan alkohol, yang juga akan menghilangkan manfaat terapi dari obat yang diresepkan oleh dokter.

    API yang salah, sebagai contoh hydroxyhomosildenafil, analog dari sildenafil yang belum pernah di tes pada manusia, ditambah API yang ditemukan, menimbulkan risiko keselamatan pada pasien karena API yang dikombinasikan belum pernah di tes pada manusia.

    API yang salah, sebagai contoh tadalafil ditambah sildenafil citrate; menimbulkan risiko keselamatan pada pasien karena API yang dikombinasi belum pernah di tes pada manusia.

    Website ini adalah inisiatif dari Pfizer Indonesia untuk orang dewasa dengan umur di atas 21 tahun. Segala informasi yang ada di dalam website ini tidak menggantikan kewajiban Anda untuk konsultasi ke dokter.

    Counter

    • Site Counter:248,213
    • Unique Visitor:47,381
    • Registered Users:7
    • Unregistered Users:0
    • Blocked Users:0
    • Published Nodes:3,115
    • Unpublished Nodes:10
    • Server IP:10.167.161.27
    • Your IP:54.162.166.214
    • Since:15 Mar 2016
    • Visitors:
      • Today:105
      • This week:1,636
      • This month:7,180
      • This year:209,160